Chile Menang Tipis atas Honduras

Nelspruit - Chile berhasil meraih tiga poin setelah menang tipis 1-0 dalam laga awal melawan Honduras. Ini adalah kemenangan pertama Chile sejak tahun 1962.

Pada pertandingan yang digelar di stadion Mbombela, Nelspruit, Rabu (16/6/2010) malam WIB, Chile mendominasi jalannya pertandingan sejak menit awal pertandingan. Tim asuhan Marcelo Bielsa itu terus menekan hingga peluit akhir ditiup wasit.

Dengan kemenangan ini Chile kembali memperoleh kemenangan setelah kali terakhir mereka mendulangnya di Piala Dunia 1963 di kandang sendiri, saat menundukkan Yugoslavia di perebutan tempat ketiga. Sejarah baru bagi tim yang masih identik dengan nama besar Ivan Zamorano dan Marcelo Salas itu.

Jalannya Pertandingan

Saat pertandingan baru berjalan dua menit, Chile sudah mengancam gawang Honduras lewat tendangan bebas dari Matias Fernandez. Namun, bola masih melayang tipis di atas mistar gawang.

Pada menit ke-8 nyaris terjadi gol akibat kiper Honduras Noel Valladare gagal menangkap bola yang disepak oleh Arturo Vidal. Akan tetapi si Jabulani memantul ke udara dan masih bisa dikendalikan.

Peluang Honduras baru tercipta di menit ke 20 saat Amado Guevara membawa bola dari tengah lapangan. Ia kemudian melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun masih mengenai bahu pemain belakang Chile.

Vidal! Posisinya yang tidak terjaga membuat peluang mencetak gol di depang gawang Valladares. Sayang, bola masih melayang di atas mistar.

Gol tercipta di menit ke-34 atas nama Juan Beausejour. Gol ini lahir sangat terancang, lewat kerja sama Sanchez dan Isla. Bola crossing coba dihalau Mendoza, tapi membentur kaki Beausejour, dan bola masuk ke gawang.

Peluang emas Chile kembali tercipta di menit ke 43. Dalam pertarungan 3 lawan 3 dengan pemain belakang Honduras, penyelesaian terakhri dari Sanchez masih belum mencapai target.

Menjelang turun minum Honduras memperoleh tendangan bebas. Sang eksekutor Ramon Nunez sudah mengarahkan bola di pojok kanan gawang Bravo, namun masih bisa ditepis sang kiper.

Setelah jeda, Chile tetap mendominasi pertandingan. Namun, tidak banyak peluang yang diciptakan oleh Sanchez dkk hingga menit ke-60.

Peluang emas baru tercipta saat menit ke-62. Sanchez mampu mengecoh pemain belakang Honduras dan menggiring bola hingga berhadapan dengan kiper Valladares. Tendangan penyerang Udinese tersebut masih melebar di sisi gawang.

Dua menit kemudian, gelandang Fernandez memberikan umpan tendangan bebas yang disundul oleh Jorge Valdivia ke arah Ponce yang berdiri bebas. Tapi sundulan jarak dekat bek bernomor punggung 3 itu dengan spektakuler diblok kiper Valladares.

Valdivia berhasil menceploskan bola di menit 74 setelah terjadi kemelut di depan gawang Honduras. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena Valdivia dalam posisi offside.

Meski terus ditekan, Honduras bukan tanpa peluang. Di menit ke-89, tendangan pemain pengganti Georgie Welcome dari luar kotak penalti sempat mengancam gawang Chile. Namun sepakannya masih melambung di atas mistar.

Laga kemudian ditutup dengan serangan balik dari Chile lewat kerjasama apik Fernandez dan Gonzalez. Namun, tendangan keras Gonzalez dari luar kotak pinalti masih melesat melebihi tinggi gawang.

Laga berakhir dengan skor 0-1 bagi Chile -- dan mereka memang layak mendapatkannya.

Susunan Pemain:

Honduras: 18-Noel Valladares; 2-Osman Chavez, 3-Maynor Figueroa, 7-Ramon Nunez (Walter Martinez 77'), 21-Emilio Izaguirre, 8-Wilson Palacios, 20-Amado Guevara (Hendry Thomas 68'), 23-Sergio Mendoza, 13-Roger Espinoza, 17-Edgard Alvarez, 9-Carlos Pavon.

Chile: 1-Claudio Bravo; 4-Mauricio Isla, 17-Gary Medel, 3-Waldo Ponce, 8-Arturo Vidal (Pablo Contreras 80'), 6-Carlos Carmona, 20-Rodrigo Millar (Gonzalo Jara 59') , 14-Matias Fernandez, 10-Jorge Valdivia, 15-Juan Beausejour, 7-Alexis Sanchez.

0 comments:

Post a Comment

 
© 2015 Gado-Gado Crito | Blogger.com