Klose Buru Rekor Ronaldo

Luis Ronaldo adalah pemegang rekor jumlah gol terbanyak di Piala Dunia. Miroslav Klose punya kesempatan besar untuk bisa menyamai atau melewati catatan Ronaldo itu.

Lima belas gol. Itulah torehan Ronaldo saat membela Brasil di tiga Piala Dunia, yakni tahun 1998, 2002 dan 2006. Tahun 1994, striker bergigi kelinci ini masuk skuad Piala Dunia tapi tidak bermain.

Sementara catatan Klose adalah 11 gol yang ia ciptakan di tiga Piala Dunia, yaitu tahun 2002, 2006 dan 2010. Gol ke-11 penyerang Jerman itu ia hadirkan saat Der Panzer melibas Australia 4-0.

Di antara Ronaldo dengan Klose, ada Gerd Mueller (Jerman Barat) yang mencetak 14 gol, Just Fontaine (Prancis) dengan 13 gol, Pele (Brasil) dengan 12 gol serta Juergen Klinsmann (Jerman) dan Sandor Koscis (Hongaria) yang sama dengan Klose punya 11 gol.

Namun tidak ada satu pun di antara nama-nama di atas yang masih aktif bermain. Artinya, Klose punya kesempatan tertinggi karena kiprahnya bersama Jerman di Piala Dunia 2010.

Klose harus mencetak empat gol lagi untuk menyamai torehan Ronaldo. Melihat kiprah Klose di pertandingan pertama Jerman, kans untuk bisa menyamai atau bahkan menyalip catatan itu sangat terbuka.

Faktor utamanya, Klose masih menjadi pilihan utama pelatih Joachim Loew; selain itu, striker Bayern Muenchen itu juga disokong oleh gelandang-gelandang bagus yang bisa memanjakannya dengan umpan-umpan bagus, terutama umpan lambung.

Sebagai catatan, bola udara adalah spesialisasi Klose. Gol ke gawang Australia adalah gol ketujuh yang dicetak mantan bomber Werder Bremen itu dari sundulan. Catatan itu adalah yang terbanyak dalam sejarah Piala Dunia.

Yang tidak boleh dilupakan, Jerman juga merupakan tim unggulan yang diprediksi akan melangkah jauh. Artinya, akan ada banyak partai bagi Klose untuk mendulang gol.

Dari segi motivasi, Klose pun punya. Usianya sudah menginjak angka 32, artinya bisa jadi ini adalah Piala Dunia terakhir baginya untuk mencatat rekor. Bila gagal kali ini, Klose mungkin tidak punya kesempatan lagi untuk mengejar Ronaldo.

0 comments:

Post a Comment

 
© 2015 Gado-Gado Crito | Blogger.com