Inggris Ulang Sejarah 1990 & 2002

Rustenburg - Inggris nyaris tidak lolos akibat hasil dua kali seri sebelum akhirnya meraih kemenangan untuk melangkah ke perdelapanfinal. Catatan sama persis yang pernah dibukukan di dua turnamen sebelumnya.

Performa Inggris di Piala Dunia 2010 tidak bisa dikatakan bagus. Meskipun bergelimang banyak pemain bintang, namun skuad Tiga Singa justru terseok-seok untuk menembus fase grup.

Dengan status tim unggulan, Inggris tergabung di Grup C bersama Amerika Serikat, Slovenia dan Aljzair. Di atas kertas, Frank Lampard dkk. tampak tidak akan kesulitan untuk melangkah ke babak berikutnya.

Namun kenyataan tidak berbanding lurus dengan proyeksi itu. Usai bermain imbang 1-1 melawan AS di laga perdana, Inggris tampil buruk dengan hanya mampu bermain dengan skor kacamata melawan tim yang jauh di bawah kelasnya, Aljazair.

Situasi demikian mewajiban Inggris untuk memetik kemenangan atas Slovenia yang dihadapinya di partai terakhir.

Akhirnya Inggris pun berhasil lolos. Sebuah gol dari Jermain Defoe memberikan kemenangan The Three Lions atas Slovenia 1-0 yang membawa mereka ke babak 16 Besar sebagai runner up grup dengan koleksi lima poin.

Hasil 'menegangkan' seperti demikian ternyata bukanlah yang pertama. Di Piala Dunia 1990 dan 2002, skuad 'Tiga Singa' pernah mengalami hal serupa.

Di turnamen dua dekade lalu itu, Inggris behasil menapakkan kaki ke babak 16 Besar dengan menjadi juara Grup F dengan cara yang sama. Inggris bermain imbang 1-1 dengan Republik Irlandia diususul hasil seri lain 0-0 dengan Belanda namun berakhir manis usai menang 1-0 atas Mesir.

Perjalanan Inggris pun cukup gemilang di turnamen yang dihelat di Italia itu. Juara dunia 1966 tersebut mampu finis di tempat keempat.

Dua belas tahun kemudian di mana lagi-lagi Inggris tergabung di Grup F,� laga perdana mereka melawan Swedia juga memetik hasil seri 1-1. Angka penuh baru bisa diraih David Beckham dkk usai menakukkan Argentina 0-1 di laga keduanya dan diakhiri dengan hasil imbang 0-0 melawan Nigeria.

Sayangnya meski dengan 'pola' yang sama, Inggris pada waktu itu cuma mampu melangkah hingga perempat final usai disingkirkan sang juara Brasil 1-2.

So, kali ini langkah Inggris bisa sampai di mana?

0 comments:

Post a Comment

 
© 2015 Gado-Gado Crito | Blogger.com