Jelang Yunani vs Nigeria

Meraih hasil maksimal melawan Nigeria tidak cuma membuka kesempatan Yunani untuk lolos dari Grup B, tapi juga menyudahi pencarian serba pertama mereka dalam sejarahnya di Piala Dunia. Apa?

Afrika Selatan 2010 adalah Piala Dunia kedua yang diikuti Yunani setelah debut di edisi Amerika Serikat 1994. Buruknya, dari empat pertandingan yang telah dilalui, capaian mereka sangat jelek.

Dari empat pertandingan tim Negeri Mitos itu tak pernah menang, belum dapat poin, dan belum mencetak gol. Statistik jelek itu dilengkapi dengan angka kebobolan mereka yang berjumlah 12.

Di Piala Dunia 1994 Yunani berturut-turut digebuk Argentina dan Bulgaria dengan skor sama, 0-4, lalu ditekuk Nigeria 0-2. Dan di Afsel lima hari lalu, menghadapi tim Asia Korea Selatan, tim asuhan Otto Rehhagel menyerah 0-2.

Itu artinya, Fanis Gekas dkk saat ini sedang mencari kemenangan pertama, poin pertama, dan gol pertama di Piala Dunia. Jika bisa mendapatkannya saat melawan Nigeria, mereka sekaligus menjaga kesempatan lolos ke babak kedua.

Di kubu Nigeria, kekalahan dari Argentina di pertandingan pertama membuat posisi mereka sama seperti Yunani: kalah lagi akan tersingkir, seri pun peluangnya tak besar.

Masalah statistiknya adalah, "Elang Super" tak pernah menang dalam enam pertandingan terakhirnya di Piala Dunia. Mereka kalah lima kali dan seri sekali, serta tak mencetak gol dalam tiga dari enam partai tersebut.

Statistik yang mendukung mereka antara lain fakta bahwa semua kemenangan Nigeria di Piala Dunia (sebanyak empat kali), diperoleh saat menghadapi tim-tim Eropa, termasuk Yunani di Piala Dunia 1994.

Tempat: Free State Stadium, Bloemfontein
Kapasitas: 45.000
Waktu: 17 Juni 2010, 21.00 WIB
Wasit: Oscar Ruiz
Ranking dunia: Yunani 13, Nigeria 21

Kemungkinan susunan pemain

Yunani:� Alexandros Tzorvas, Loukas Vyntra, Giourkas Seitaridis, Vassilis Torosidis, Sotiris Kyrgiakos, Christos Patsatzoglou, Giorgos Karagounis, Kostas Katsouranis, Giorgos Samaras, Dimitris Salpingidis, Fanis Gekas

Nigeria: Vincent Enyeama, Chidi Odiah, Danny Shittu, Joseph Yobo, Taye Taiwo, Peter Odemwingie, Dickson Etuhu, Haruna Lukman, Sani Kaita, Yakubu Aiyegbeni,Victor Obinna

0 comments:

Post a Comment

 
© 2015 Gado-Gado Crito | Blogger.com