Uruguay Bungkam Afsel

Pretoria - Uruguay akhirnya meraih kemenangan di laga kedua di Grup A setelah menaklukkan sepuluh pemain Afrika Selatan 3-0. Diego Forlan menyumbang dua gol bagi kemenangan Uruguay.

Setelah hanya menahan imbang Prancis tanpa gol di laga pertama, Uruguay akhirnya berhasil meraih tiga angka. Hasil itu berkat kemenangan Uruguay atas tuan rumah Afsel 3-0 di Loftus Versfeld, Pretoria, Kamis (17/6/2010) dinihari WIB.

Hasil tersebut membuat La Celeste untuk sementara memimpin Grup A dengan mengumpulkan empat poin. Sedangkan Afsel hanya mendapatkan satu poin setelah di laga pertamanya menahan Meksiko.

Forlan menjadi bintang kemenangan Uruguay dengan mencetak dua gol, salah satunya dari titik penalti. Sedangkan satu gol lagi ke gawang Afsel dicetak oleh Alvaro Pereira saat injury time.

Jalannya Pertandingan

Afsel lebih dulu mengancam lewat tendangan bebas di menit ke-3 namun masih dapat disapu pemain Uruguay. Begitu juga dengan sepak pojok yang dilakukan tuan rumah belum menjadi ancaman berarti.

Ganti Uruguay mengancam lewat tendangan bebas Diego Forlan tapi Steven Pienaar maju lebih dulu sehingga mendapat kartu kuning. Kesempatan kedua Forlan juga masih membentur pagar pemain Afsel.

Dua usaha pemain Uruguay Luis Suarez dan Jorge Fucile melenceng dari target. Sedangkan ancaman dari Afsel di menit ke-13 lewat tendangan keras Siphiwe Tshabalala melambung di atas gawang lawan.

Menit ke-18, tendangan bebas Tshabalala membuat kemelut di depan gawang lawan namun masih bisa diamankan pemain belakang Uruguay. Sepakan keras Suarez di menit ke-22 dapat dibendung.

Uruguay akhirnya unggul 1-0 di menit ke-23. Sebuah tendangan keras Forlan sempat mengenai kepala Aaron Mokoena dan melambung masuk ke gawang lawan tanpa mampu dihadang kiper Itumeleng Khune.

Unggul 1-0 membuat Uruguay semakin bersemangat menekan. Pada menit ke-32, Uruguay kembali mengancam namun tendangan Suarez dalam kotak penalti hanya mengenai samping gawang.

Sedangkan ancaman dari Afsel datang dari Katlego Mphela di menit ke-39 namun masih melenceng. Meski demikian Uruguay masih mencoba menekan tapi skor tetap tidak berubah 1-0 hingga turun minum.

Di awal babak kedua , Uruguay kembali melancarakan serangan. Sebuah usaha Suarez dari sayap kanan namun umpannya gagal dimanfaatkan oleh Edinson Cavani di depan gawang.

Uruguay masih terus melancarkan serangan. Maximiliano Pereira dengan mudah masih ke dalam pertahanan Afsel namun sepakan kerasnya masih melambung di atas gawang tuan rumah.

Menit ke-65, ancaman dari Afsela dari sebuah crossing coba disambut Katlego Mphela dengan sundulannya tapi bola masih berada di samping gawang Uruguay yang dikawal Fernando Muslera.

Menit ke-75, menjadi bencana bagi Afsel. Kiper Itumeleng Khune diganjar kartu merah karena melanggar Suarez di depan gawang. Wasit juga memberikan hadiah penalti bagi Uruguay.

Piennar pun harus ditarik keluar untuk memberikan tempat pada kiper. Sedangkan Forlan yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik dan membawa skuadnya unggul 2-0 di menit ke-80.

Usai gol tersebut tampak para pendukung Afsel mulai meninggalkan stadion. Sementara Uruguay masih terus menekan mencoba memanfaatkan kelebihan pemain mereka.

Saat injury time, Uruguay memperbesar kemenangannya menjadi 3-0. Gol tersebut dicetak oleh lewat oleh Pereira lewat sundulannya dengan memantul bola ke tanah.

Susunan Pemain :

Afrika Selatan: 16-Itumeleng Khune; 2-Siboniso Gaxa, 3-Tsepo Masilela, 20-Bongani Khumalo, 4-Aaron Mokoena; 12-Reneilwe Letsholonyane (19-Surprise Moriri 57), 13-Kagisho Dikgacoi, 10-Steven Pienaar (1-Moeneeb Josephs 79), 11-Teko Modise, 8-Siphiwe Tshabalala; 9-Katlego Mphela.

Uruguay: 1-Fernando Muslera; 2-Diego Lugano, 3-Diego Godin, 4-Jorge Fucile (20-Alvaro Fernandez 71), 16-Maximiliano Pereira, 15-Diego Perez (5-Walter Gargano 90), 17-Egidio Arevalo, 7-Edinson Cavani (21-Sebastian Fernandez 89), 11-Alvaro Pereira, 9-Luis Suarez, 10-Diego Forlan.

0 comments:

Post a Comment

 
© 2015 Gado-Gado Crito | Blogger.com