Usai 48 tahun, Chile menang lagi di Piala Dunia

Nelspruit - Chile hanya menang tipis 1-0 atas Honduras. Tapi Chile tetap harus berbangga hati, karena selain meraup poin penuh di laga itu mereka juga mengakhiri penantian nyaris setengah abad.

Di Stadion Mbombela, (16/6/2010), satu gol atas nama Juan Beausejour mengunci kemenangan Chile. Diawali dari kerjasama apik Alexis Sanchez dengan Mauricio Isla, bola umpan silang coba diantisipasi Sergio Mendoza. Tapi si kulit bundar malah mengenai kaki Beausejour dan meluncur ke dalam gawang.

Gol pada menit 34 tersebut memang sedikit beraroma keberuntungan. Biar begitu hal yang utama tentunya adalah Chile berhasil memetik tiga angka dari laga pertamanya di Piala Dunia 2010. Poin itu pun membuat mereka sementara bercokol di posisi teratas klasemen Grup H.

Selain tiga poin, gol Beausejour juga memiliki arti penting untuk Chile dalam mengakhiri catatan tak pernah menang di gelaran Piala Dunia. Semenjak menjadi tuan rumah Piala Dunia 1962, 48 tahun silam, dan menjadi juara tiga mereka tak pernah satu kali pun memenangi partainya di gelaran tersebut.

Pada tahun 1966, Chile langsung rontok di fase grup dengan raihan sekali seri dan dua kali kalah. Di tahun 1974, nasib Chile setali tiga uang kendati kali ini dengan catatan dua kali seri dan sekali kalah.

Di Spanyol tahun 1982, nasib Chile lebih buruk lagi karena kalah di tiga pertandingan fase grupnya. Di Piala Dunia 1998, tiga hasil seri membawa Marcelo Salas ke babak 16 besar kendati setelah itu kalah dari Brasil.

Setelah melewati 13 pertandingan tanpa kemenangan, akhirnya laju buruk itu kini terhenti juga. Usai 48 tahun, Chile menang lagi di Piala Dunia.

0 comments:

Post a Comment

 
© 2015 Gado-Gado Crito | Blogger.com